Camping Puncak Bogor Asik

Camping Bogor Puncak Asik

           

Camping Puncak Bogor Asik,  dan nyaman dan menjadi aktivitas keluarga yang hemat anggaran, berkemah juga memberikan manfaat cara unik untuk berhubungan langsung dengan alam. Berbagai penelitian juga menemukan bahwa aktivitas yang sederhana namun menyenangkan ini memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya:

1. Menjaga dan mengembalikan ritme sirkadian

Sebuah penelitian pada 2013 dari University of Colorado Boulder mempelajari bagaimana camping memengaruhi ritme sirkadian. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa peserta yang berkemah selama satu minggu mengalami peningkatan yang besar dalam pola tidur dan biologis sirkadian mereka. Bahkan, ahli juga menjelaskan bahwa camping selama satu minggu (menjauh dari cahaya buatan) mengembalikan ritme sirkadian yang terganggu. Untuk lebih spesifiknya lagi, penemuan tersebut menemukan bahwa kadar melatonin naik 2 jam lebih awal ketika camping, ketimbang ketika tidur malam biasa di bawah paparan cahaya buatan.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa jadwal dan pola tidur semua peserta kembali normal setelah menghabiskan waktu berkemah selama satu minggu. Hal tersebut sangat bermanfaat, kan? Apalagi, beberapa penyakit kronis (mulai dari penyakit jantung sampai kanker) seringkali juga disebabkan oleh kurangnya kualitas dan frekuensi tidur.

2. Mandi hutan pereda stres

Kamu bisa belajar dari orang Jepang nih, Gengs. Mereka memiliki metode kesehatan nasional yang disebut ‘mandi hutan’. Orang Jepang sudah menghabiskan miliaran unuk mempelajari efek kesehatan selama aktivitas mandi hutan ini. Menghabiskan akhir minggu di hutan secara alami meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh bakteri dan virus di dalam tubuh.

Hal tersebut berlangsung selama satu bulan setelah menghabiskan satu akhir minggu di alam. Udara hutan mengandung phytoncide, senyawa alami yang berasal dari tumbuhan dan pohon. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup phytoncide dapat meningkatkan fungsi sistem imun.

Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam selama 30 menit bisa menurunkan kortisol (hormon stres) dan tekanan darah. Bahkan, penelitian yang membandingkan orang yang menghabiskan satu hari di kota dan orang yang menghabiskan satu hari di alam menemukan bahwa lingkungan hutan mempromosikan kadar kortisol lebih rendah, detak jantung lebih tenang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aktivitas saraf parasimpatetik, dan menurunkan aktivitas saraf simpatetik.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berkemah di alam terbuka dan menjauh dari paparan cahaya buatan dapat mengembalikan ritme sirkadian tubuh. Itu berarti, hal tersebut juga meningkatkan kualitas tidur.

Camping Puncak Bogor Asik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us